Rabu, 28 September 2011

Petualangan Masa Kecil

petualangan masa kecil yang tak terlupakan,,bertualang menyelusuri bukit-bukit yang jarang dilewati orang hanya untuk bersenang-senang bersama teman. Ditengah perjalanan menuju tempat tujuan sang mata tak lelah tuk mencari buah-buahan yang bisa dimakan seperti karamuntiang dan kantong semar(ditempatku juga sering disebut mangkuak-mangkuak....hahaha aneh namanya ya...) kalau gak ada yang 2 itu maka perjalanan pun terasa ada yang kurang. ada buah2an lain yang juga sangat dinikmati saat kecil bahkan sampai sekarang.berikut penjelasannya.

1. Buah Ceri
buah ceri ini biasanya sering tumbuh disamping rumah. Biasanya anak-anak sering berebutan untuk mendapatkan buah ceri yang banyak. Bukan hanya anak2 kecil ada juga anak2 perguruan tinggi yang masih berebutan untuk mendapatkannya karena rasanya yang manis segar.



2. Buah Letup
kalau saya mengenal nama buah ini dengan sebutan buah rambus.gak tau kenapa namanya seperti itu.Buah ini merambat di antara semak-semak, pepohonan, bahkan pagar rumah. tetapi sekarang sudah jarang ditemukan.
Buah mudanya berwarna hijau, dan menjadi kuning atau jingga ketika masak. Buahnya dilapisi jaring berbulu. Isi buahnya persis marqisa. Rasanya manis sedikit asam.

3. Buah karamuntiang(kemunting)
Buah kemunting berwarna hijau ketika muda, dan menjadi ungu tua ketika masak. Isi buahnya juga berwarna ungu. Rasanya manis-manis berkarakter. Biji buahnya klutuk-klutuk kaya’ biji jambu klutuk. Gosipnya, terlalu banyak makan kemunting bisa bikin ee’ keras. Jadi, konsumsilah secukupnya.
buah ini merupakan buah terfavorit saya, kalo sudah pergi hiking sama teman pasti ini yang saya cari duluan. tapi sering kecewa karena buah kemuntingnya belum masak. buah ini terdapat dibukit-bukit.

Memang, buah yang satu ini jarang dikebunkan orang. Maka dari itu, untuk mendapatkannya di supermaket atau lapak pedagang tradisional lumayan sulit. Bisa dikatakan, hanya anak-anak desa yang mengenal buah satu ini. Sementara mereka yang tinggal di kota, mungkin akan heran untuk pertama kalinya. Walau setelah mencicipi rasanya, merekapun jadi ketagihan.

Batang kemunting bisa mencapai tinggi dua meter. Kayunya lumayan keras, karenanya banyak dijadikan kayu api. Ia bisa dikembangkan dengan cara biji. Burung-burung menjadi perantara utama yang menyebarkan tumbuhan ini di seantero bukit atau semak lainnya.

Sebenarnya kemunting juga bisa dijadikan tumbuhan hias. Bunganya yang berwarna merah muda dengan benang sari menawan, layak dijadikan tanaman di halaman rumah. Sayang, masyarakat desa pun jarang yang mau menanamnya di rumah.











4. Kantong Semar
Kantong semar adalah jenis tumbuhan merambat pemakan semut.pada kantong semar muda yang masih tertutupbiasanya terdapat sedikit air didalamnya. biasanya saya dan teman-teman memanfaatkannya untuk diminum sebagai pengganti minuman yang sudah habis diperjalanan.rasa air ini saya sudah lupa. mungkin kalau saya ada kesempatan untuk pergi lagi kesana saya akan mencarinya lagi...
kantong semar ini bisa juga dijadikan sebagai tanaman hias. dan pernah saya lihat di sebuah majalah yang terdapat berbagai macam tanaman kantong semar ini yang cantik-cantik. melihatnya saja sudah bikin saya bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar